BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 24 Oktober 2012

OpenGL


 Nama  : Tidar Kusumaningrum
 NPM   : 16110893
 Kelas  : 3 KA 28
"Grafik Komp. & Pengolahan Citra", karena mata kuliah ini berhubungan dengan grafik komputer dan pengolahan citra,  tugas yang pertama saya buat adalah membuat Program sederhana dengan menggunakan OpenGL, disini saya mencoba untuk membuat program OpenGL dengan compiler Dev C++.

Pertama yang harus dilakukan, perlengkapannya sebagai berikut :
Ø Dev C++ (pastikan komputer anda sudah terinstal aplikasi ini.
Ø Header glut (header yang digunakan untuk OpenGL)

  OpenGL
   (Pendahuluan)

       OpenGL adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan – keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu :

1.  Glut.h
2.  Glut32.lib
3.  Glut32.dll
Cara menginstall (Dev C++ dan OpenGL)

           Apabila komputer anda tidak terinstal Dev C++ anda harus mendownloadnya terlebih dahulu ,lalu instal Dev C++ sama halnya dengan menginstal aplikasi lainnya. Lalu untuk membuat file OpenGL anda harus memiliki Headernya dan untuk menginstal header OpenGL berikut adalah langkahnya :

a) Masuk kedalam Dev C++
b) Klik menu tools >> Pilih Package manager seperti gambar di bawah :   

 
c)  Klik Install seperti gambar di bawah : 




d) ganti Files of Type menjadi (generic packages) ada file berekstensi (.rar atau .zip terbaca)
e) Klik open,lalu ikuti langkah-langkahnya sampai selesai terinstal.

Setelah selesai menginstal Dev c++ dan header openGL, selanjutnya kita langsung membuat tugas program sederhananya,cara membuat file baru adalah :
Ø Klik menu File >> Pilih New >> Project .
Ø Pada bagian ini pilih tag Multimedia >> lalu klik OpenGL dan beri nama Project.

Setelah membuat project,kita langsung  membuat garis Vertikal,Horizontal dan Diagonal.

Membuat garis Vertikal

        Untuk membuat garis vertikal , lihat pada project. saat kita selesai membuat project pasti yang muncul bukan lembar kerja kosong pada umumnya,tetapi lembar kerja yang sudah terisi source code untuk openGL ini. Yang harus kita lakukan adalah mencari bagian yang bertuliskan /* OpenGL animation code goes here */ . untuk mengerjakan program dengan file multimedia OpenGL kita cukup mengubah-ubah pada bagian ini saja 

    Kodingan untuk membuat garis vertikal di OpenGL :

  
 apabila gambar tidak terlihat jelas bisa dilihat source code dibawah ini :
/*Untuk membuat garis Vertikal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
 [ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]

glPushMatrix ();             [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);     [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //         [untuk menentukan warna garis/titik]

glBegin(GL_LINES);                [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);  [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]

glVertex3f(0,0,0.0);                 [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]

glEnd ();             [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]

glPopMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]

Sleep (1):
jalankan file dengan mengcompile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :

Membuat garis Horizontal
     Kodingan untuk membuat garis horizontal :



 apabila gambar tidak terlihat jelas bisa dilihat source code dibawah ini :
/*Untuk membuat garis Horizontal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]

glPushMatrix();           [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);  [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //      [untuk menentukan warna garis/titik]

glBegin(GL_LINES);               [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);

glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);   [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);        [ untuk menentukan titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);     [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]

glEnd();             [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]

Sleep (1);
jalankan file dengan mengcompile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :


 
Membuat garis Diagonal
     Koding untuk membuat garis diagonal :




apabila gambar tidak terlihat jelas bisa dilihat source code dibawah ini :
/*Untuk membuat garis Diagonal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);  
 [ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); 
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]

glPushMatrix ();           [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

glClearColor(1,1,1,0);   [untuk menentukan warna garis/titik]

glColor3f(1,1,1); //       [untuk menentukan warna garis/titik]

glBegin(GL_LINES);        [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]

glVertex3f(0,0,-0.8);        [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]

glVertex3f(9.9,8.9,0.1);    [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]



glEnd ();              [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]

glPopMatrix ();  [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]


Sleep (1);
jalankan file dengan mengcompile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar